Kodim 0606 Kota Bogor Menggelar Gladi Penanggulangan Konflik


BOGOR  - Komando Distrik Militer (Kodim) 0606/Kota Bogor menggelar Gladi Posko bertajuk 'Prosedur Penanggulangan Konflik Komunal di Kota Bogor'. Salah satu program latihan tahunan ini dipusatkan di Aula Makodim di Jl. Jenderal Sudirman, Kota Bogor selama dua hari mulai 17 hingga tanggal 18 Juni 2014.



Dandim 0606/Kota Bogor, Letkol Arh. Rakhmat Santoso menjelaskan,"Tujuan Gladi Posko adalah untuk melatih prosedur hubungan antara komandan atau pimpinan kesatuan dan staf lainnya. "Sekaligus untuk memelihara kemampuan dan uji coba serta evalusi Standar Operation Procedure (SOP) di Kodim 0606 Kota Bogor," Jelasnya.



Penanggulangan Konflik Komunal meliputi seperti gesekan yang terjadi di masyarakat, unjuk rasa yang berakhir anarkis, dan komplik SARA. "Intinya kegiatan ini, sesuai dengan Undang-Undang TNI tetap memback up tugas pokok Polri dalam pengamanan konflik komunal tersebut.



Dalam gladi posko tersebut, skenario yang dimunculkan saat konfik komunal di Kota Bogor sangat besar sehingga Polres Bogor Kota meminta bantuan 3 Satuan Setingkat Kompi (SSK) atau setara 300 personil kepada Kodim 0606/Kota Bogor. "kemudian masih dalam skenario Kodim 0606/Kota Bogor untuk mendapatkan bantuan personil Korem 061/SK dalam hal ini Batalyon Infanteri (Yonif) 315/Garuda.



Rahkmat mengungkapkan harapannya, bahwa konflik komunal itu jangan sampai harus terjadi di Kota Bogor, karena dirinya yakin Kota Bogor relatif kondusif. "Harapan kami komplik komunal ini tidak sampai harus terjadi di Kota Bogor. Saya yakin Kota Bogor relatif kondusif," pungkasnya. (Firman)

Bogor24

Baca lebih lanjut untuk mengetahui berita yang berkaitan dengan berita lebih lanjut di bawah ini dengan link terkait.